--> Skip to main content

Cara Mengatasi Operating System Not Found Pada Laptop Acer

Sebelum membahas tentang cara mengatasi operating system not found pada laptop acer, terlebih dahulu kami jelaskan bahwa di dalam Mode Boot itu terdapat 2 Mode yaitu UEFI dan Legacy. Kedua Mode tersebut memiliki tipe partisi yang berbeda. UEFI menggunakan partisi GPT sementara Legacy menggunakan partisi MBR.

Cara Mengatasi Operating System Not Found Pada Laptop Acer

Sering kali masalah Operating System Not Found dikarenakan kasus Mode Boot. Jika terjadi Operating System Not Found pada mode boot UEFI, itu artinya waktu menginstal OS memilih Legacy dengan partisi MBR. Begitu pula sebaliknya, jika memilih mode Legacy terjadi Operating System Not Found, itu artinya sewaktu penginstalan OS yang digunakan adalah Mode UEFI dengan partisi GPT.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa bisa terjadi perubahan mode bios dari legacy ke UEFI atau sebaliknya sehingga menyebabkan Operating Sistem Not Found. Sementara pengguna atau user tidak mengubah mode bootnya?

Secara defaulut settingan BIOS untuk mode boot adalah UEFI, akan tetapi kebanyakan orang waktu menginstall itu menggunakan Legacy sebagai partisi penginstallannya. Masalahnya suatu BIOS itu bisa mengalami ketidakstabilan, yang biasanya disebabkan oleh sistem operasinya yang bermasalah, masalah pada hardware inti, sehingga BIOS tereset dan kembali ke pengaturan default. Nah, pada saat kamu menghidupkan PC terjadilah masalah Operating System Not Found.

Jika mengalami masalah Operating System Not Found, sebaiknya jangan mengambil keputusan untuk melakukan install ulang Operating System, tetapi kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal untuk mengubah mode boot, sehingga masalah Operating System Not Found bisa teratasi tanpa repot-repot melakukan install ulang.

Cara Mengatasi Operating System Not Found Pada Notebook Acer/ Laptop Acer

Untuk memperbaikinya tentu kamu harus masuk dulu ke BIOS, untuk langkah-langkah yang dapat kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

1. Restart dulu Laptop atau Notebook dengan cara menekan tombol CTRL + Alt +Dell pada keyboard.

2. Ketika laptop dinyalakan sebelum masuk ke Operating System tekan tombol “F2” pada keyboard terus menerus/ berulang kali sehingga akan masuk ke menu BIOS secara otomatis.

3. Kemudian ke Menu > BOOT dan ubahlah settingan UEFI menjadi Legacy, maka akan tampil Peringatan (Warning!!), tekan saja Ok.

4. Langkah selanjutnya ke tab Exit, pilih save & Exit, atau bisa juga menekan tombol “F10” pada keyboard untuk melakukan save & Exit. Jika muncul pesan dialog, tekan saja OK. Laptop akan melakukan restart secara otomatis, dan masalah Operating System Not Found sudah selesai, laptop bisa nyala dengan normal seperti sedia kala.

5. Jika masih bingung, bisa menonton video berikut ini:

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang cara mengatasi operating system not found pada laptop acer, semoga penjelasan yang dapat kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik yang ada dalam postingan ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan bisa tampil sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar