--> Skip to main content

Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Pernahkah kamu mendengar kuliah jurusan teknologi pangan? Seperti apa kuliah jurusan teknologi pangan? Jurusan teknologi pangan merupakan jurusan atau program studi yang mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bahan makanan. Misalnya sifat fisik maupun sifat kimia pada bahan makanan hingga mempelajari tentang ilmu mikrobiologis.

Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Dengan berbekal ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang lulusan jurusan teknologi pangan. Seorang lulusan teknologi pangan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang food industry. Adapun beberapa prospek kerja setelah lulus kuliah jurusan teknologi pangan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berwirausaha dalam bidang supply bahan pangan

Siapapun bisa berwirausaha, jadi tidak hanya mereka yang berasal dari fakultas ekonomi. Meskipun ada banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar tentang teknologi pangan, namun kuliah pada jurusan teknologi pangan juga akan mempelajari tentang manajemen industri. Dari sinilah seorang mahasiswa jurusan teknologi pangan akan belajar mengenai pembuatan, pengemasan sampai dengan pendistribusian produk. Tentunya dengan materi ini meskipun seorang lulusan jurusan teknologi pangan, juga memiliki bekal pengetahuan mengenai mikro ekonomi, yang dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk berwirausaha.

2. Bekerja di lingkup pemerintahan

Siapa bilang tidak bisa bekerja di lingkup pemerintahan? Terdapat berbagai bidang yang bisa dimasuki oleh seorang lulusan teknologi pangan. Instansi pemerintah yang dapat dimasuki umumnya adalah yang menangani dan melayani tentang supply pangan nasional. Adapun yang pertama yaitu Kementerian Pertanian, dimana pekerjaannya berhubungan erat dengan bahan pangan nasional. Kemudian yang kedua, instansi pemerintahan yang bisa dimasuki lulusan teknologi pangan yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dan yang terakhir yaitu lembaga ilmu pengtahuan Indonesia (LIPI).

3. Bekerja sebagai konsultan pangan dan gizi di sebuah perusahaan

Bekerja menjadi konsultan pangan dan gizi tentunya berkaitan erat dengan jurusan teknologi pangan. Sebagai seorang konsultan pangan dan gizi tentunya pekerjaannya tidak jauh dari memberikan konsultasi terkait dengan suatu produk makanan. Biasanya konsultasi yang akan diberikan berhubungan dengan kualitas produk pangan, kandungan gizi dan keamanan produk makanan untuk dikonsumsi. Selain dari tiga hal tersebut, sebagai konsultan pangan dan gizi juga dapat memberikan konsultasi terkait dengan produksi, pemasaran, sampai dengan market trend tentang makanan.

4. Bekerja sebagai product development

Di setiap perusahaan tentunya mempunyai satu divisi khusus yang menangani tentang produk. Tak terkecuali perusahaan yang bergerak dalam bidang food industry. Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan selama kuliah di jurusan teknologi pangan, tentunya posisi yang satu ini sangat cocok untuk ditempati. Terlebih peran sebagai product development ini sangatlah vital. Hal itu karena selain memiliki tanggung jawab atas mutu produk yang dikembangkan juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan resep produk tersebut. Untuk gajinya tidak perlu ditanyakan karena akan mendapatkan lebih dari cukup karena pekerjaannya berada di posisi yang sangat penting.

5. Bekerja sebagai quality control di perusahaan food industry

Quality control merupakan posisi yang paling banyak disukai oleh lulusan teknik pangan. Meskipun pekerjaannya sama-sama berkaitan dengan produk makanan, tanggung jawab seorang quality control berbeda dengan product development. Seorang product development lebih cenderung pada creating a good product, sedangkan seorang quality control bertanggung jawab terhadap aspek produksi dan menjamin mutu suatu produk yang sudah ditetapkan oleh seorang product development.

Nah bagi kamu yang ingin kuliah jurusan teknologi pangan kamu bisa berkuliah di salah satu universitas swasta di Bandung yaitu Universitas Ma’soem. Dengan kuliah di sini tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja di bidang yang telah kami sebutkan di atas. Selain itu dengan belajar di jurusan teknologi pangan kamu juga akan belejar tentang teknik pengolahan makanan yang baik dan benar yang tentunya sehat dan aman untuk dikonsumsi. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk kehidupanmu sehari-hari. Jadi bagi kamu yang ingin memilih jurusan teknologi pangan sekarang tidak perlu khawatir lagi akan prospek kerja dan manfaat ilmu pengetahuan yang kamu miliki.

Buka Komentar
Tutup Komentar