--> Skip to main content

Cara Kompres Foto Online Dengan Mudah

Di lansir dari situs Losari.web.id bahwa mengompres foto secara online dianggap lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan menggunakan sebuah aplikasi atau software untuk mengedit foto seperti CorelDraw atau PhotoShop. Meskipun mungkin saja hasilnya tidak sebagus menggunakan software khusus, tetapi sebagai alternatif yang lebih cepat, dengan hasil yang tidak seburuk yang dibayangkan, menggunakan cara kompres foto secara online dapat menjadi pilihan.

Cara Kompres Foto Online

Jika anda belum pernah mencoba cara kompres foto secara online, mungkin anda akan mengira hasilnya buram dan tidak memuaskan. Namun, dengan hadirnya teknologi saat ini, hasil kompres yang dihasilkan jauh lebih bagus, bahkan hasilnya tidak jauh beda dengan hasil edit menggunakan aplikasi PhotoShop.

Cara Kompres Foto Online Dengan Mudah

Sebenarnya saat ini telah banyak website yang menyediakan layanan kompres gambar untuk memperkecil ukuran file gambar. Dimana website-website tersebut dapat digunakan mengompres file dari 500kb menjadi 200kb bahkan bisa kompres foto 20kb tanpa membuat kualitas foto menjadi buram. Menariknya ada juga beberapa website yang memberikan layanan tersebut secara gratis tanpa harus membayar.

Bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan edit foto atau mengompres foto menggunakan aplikasi edit foto, kamu bisa menyimak cara kompres foto secara online berikut ini:

Cara Kompres Foto Online Melalui Website compressjpeg.com

Compressjpg.com merupakan situs untuk mengompres ukuran foto menjadi lebih kecil dengan tampilan antar muka yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Ketika pertama kali anda membuka halaman website ini, anda pasti akan langsung disuguhkan cara untuk mengecilkan ukuran foto yang mudah dipahami. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

Cara Kompres Foto Online
  • Silahkan buka website compressjpeg.com.
  • Setelah terbuka, Anda dapat melihat 4 tab yakni: JPEG, PNG, GIF dan PDF. Dikarenakan tujuan kita adalah untuk memperkecil ukuran foto maka kita pilih saja tab JPEG.
  • Untuk dapat menambahkan file foto, caranya bisa dengan mengklik tombol Unggah file atau dengan cara drag file foto yang akan diperkecil ke kolom yang tersedia.
  • Jika file telah berhasil ditambahkan, maka secara otomatis Compress JPEG akan diproses.
  • Sebelum anda mendownload file yang terkompresi, Anda juga bisa memilih berapa persen ukuran atau kualitas file foto yang nantinya akan ditampilkan dengan cara mengklik thumbnail.
  • Jika ingin mengunduh semua file, maka klik saja tombol Unduh Semua.

Sebagai catatan, website compressjpg.com ini bisa digunakan untuk mengompres file foto hingga 20 file secara sekaligus dalam sekali kompres.

Cara Kompres Foto Online Melalui Website TinyJPG.com

Sesuai namanya, website ini digunakan secara khusus untuk mengompres ukuran foto dengan format JPG dan JPEG. Meskipun anda juga dapat menggunakan websigte ini untuk mengompres PNG dan WebP namun hasilnya tetap lebih bagus JPEG dan JPG. Cara menggunakan website TinyJPG.com, bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Kompres Foto Online
  • Langkah yang pertama, silahkan buka situs TinyJPG.com terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda dapat langsung memasukan foto yang ingin anda kompres dengan cara drag & drop atau bisa juga dengan cara klik kolom foto lalu memilih foto yang akan dikompres.
  • Setelah foto berhasil diunggah, foto secara otomatis akan langsung dikompres.
  • Tunggu sebentar hingga proses kompresnya selesai, kemudian unduh hasil kompresnya.

Melalui website ini, Anda dapat memperkecil ukuran foto sampai 20 foto secara sekaligus sekali kompres. Maksimal ukuran foto yang dapat dikompres melalui website ini adalah 5MB. Jadi sebelum mengompres, pastikan ukuran foto yang akan kamu kompres tidak melebihi batas ukuran tersebut.

Itulah penjelasan tentang cara kompres foto online dengan mudah, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar