--> Skip to main content

Mengenal Apa Itu Jaringan Internet Fungsi dan Kebutuhannya

Sekarang ini bisa dikatakan bahwa manusia hampir tidak bisa lepas dengan yang namanya gadget dan jaringan internet. Hal tersebut memang terbukti, bahwa hampir berbagai aktivitas dalam sehari-hari saat ini banyak yang mengandalkan jaringan internet. Dimana jaringan internet ini memang mepunyai peranan yang penting untuk memudahkan berbagai macam hal seperti untuk berkomunikasi, mencari informasi, bekerja dan yang lainnya. Membahas tentang jaringan internet, lalu apa yang dimaksud jaringan internet? Nah, bagi anda yang mungkin belum tahu dengan apa itu jaringan internet, silahkan simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Jaringan Internet

Apa itu Jaringan Internet

Jaringan internet secara umum merupakan jaringan komputer tanpa batas yang bisa menghubungkan antar pengguna komputer dengan pengguna komputer yang lain dari suatu tempat ke tempat lain di seluruh dunia. Dimana melalui jaringan internet tersebut seseorang bisa online untuk mengakses berbagai informasi dengan melakukan surfing atau browsing.

Istilah jarngan internet bisa juga didefinisikan sebagai suatu jaringan komunikasi global yang bisa mengkoneksikan siapapun, dimanapun yang menggunakan komputer atau jaringan komputer di seluruh dunia. Untuk bisa terkoneksi dengan baik tentunya membutuhkan jaringan internet ngebut, stabil dan lancar. Dibalik lancarnya jaringan internet yang stabil terdapat Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk mengatur, mengintegrasi dan mengkomunikasikan jaringan. Sehingga, istilah jaringan internet atau internetworking secara jelasnya yaitu cara atau proses untuk menghubungkan rangkaian internet beserta dengan tata cara atau aturan penerapannya.

Fungsi Jaringan Internet

Pada dasarnya sebuah jaringan internet itu mempunyai beberapa fungsi penting yang sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan manusia. Adapun beberapa fungsi jaringan internet diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai sarana untuk mengakses informasi

Saat ini merupakan era internet atau yang dikenal dengan era keterbukaan, dimana jaringan internet ini keberadaannya bisa membantu orang lebih mudah untuk mengakses berbagai macam informasi yang diperlukannya. Dengan kata lain, informasi yang ingin dicarinya, secara mudah bisa didapatkan dengan jaringan internet.

2. Sebagai sarana untuk berkomunikasi

Salah satu bukti masif dari penggunaan jaringan internet ialah digunakan sebagai sarana berkomunikasi. Dimana dengan jaringan internet ini seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan mengakses berbagai situs media sosial, aplikasi chatting dan lain-lain.

3. Sebagai sarana untuk bertukar sumber daya atau data

Ada banyak sekali orang di dunia ini yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain. Tentunya, dengan hadirnya jaringan internet ini akan memudahkan untuk berbagi sumber daya atau data dengan cepat. Adapun beberapa sumber daya atau data yang sering kali dibagikan kepada orang lain diantaranya yaitu foto, desain, video, karya tulis, jurnal, makalah, dan masih banyak hal yang lainnya.

4. Sebagai sarana untuk mengakses berita

Dengan adanya jaringan internet maka akan semakin memudahkan seseorang untuk mengakses berbagai berita atau peristiwa tertentu melalui situs web atau aplikasi berita. Dengan begitu anda tidak akan ketinggalan berita-berita penting.

Kebutuhan Jaringan Internet

Sekarang ini, kebutuhan jaringan internet selevel dengan kebutuhan listrik. Dimana, keberadaannya menjadi sangatlah vital. Setiap harinya kini hampir setiap orang mengakses internet untuk berbagai hal seperti untuk mencari berita atau informasi, belajar, bermain sebuah game atau hanya untuk hiburan. Tidak hanya itu saja, saat ini berbagai macam alat telekomunikasi mulai menggunakan jaringan internet sebagai media penghubungnya.

Itulah penjelasan yang bisa kami tuliskan untuk mengenal apa itu jaringan internet fungsi dan kebutuhannya. Semoga penjelasan yang dapat kami tuliskan di atas bisa bermanfat untuk anda.

Buka Komentar
Tutup Komentar