--> Skip to main content

Mengnal Apa Itu Software Payroll?

Software merupakan suatu program yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah, misalnya dalam pengelolaan data, membuat dokumen, melakukan perhitungan, mengolah suatu gambar dan lain sebagainya. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka perkembangan software pun terus mengalami perkembangan dengan pesat. Hal tersebut dapat kita lihat dengan banyaknya software yang tersedia saat ini, mulai dari software yang gratis hingga software yang berbayar. Dalam kesempatan ini, kami akan mengulas tentang salah satu software yang dikenal dengan payroll. Nah, apa itu software payroll? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Software Payroll

Apa itu Software Payroll

Software payroll yaitu suatu program yang berbentuk sistem penggajian yang bisa memberikan kemudahan bagi perusahaan, khususnya untuk posisi HRD dalam melakukan perhitungan dan pembayaran gaji karyawan. Dengan menggunakan software payroll, maka perusahaan dapat melakukan proses perhitungan gaji bersih yang harus dibayarakan kepada karyawanan dengan cepat dan mudah berdasarkan dari data absensi atau daftar hadir karyawan, lembur, insentif, iuran, tunjangan maupun bonus. Selain itu, dengan software payroll juga bisa digunakan untuk melakukan proses perhitungan pajak penghasilan, potongan pinjaman dan lain sebagainya.

Kenapa Software Payroll Dibutuhkan Perusahaan

Setiap bulannya perusahaan melakukan proses penggajian kepada para karyawannnya dan harus dilakukan dengan teratur dan akurat. Maka dari itulah berinvestasi dalam bentuk penggunaan program penggajian software payroll menjadi suatu hal yang sangat penting apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar. Tentunya, dengan penggunaan software payroll ini, perusahaan tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kesalahan dalam perhitungan dan pengiriman gaji karyawan. Semua hal tersebut dapat diselesaikan secara otomatis oleh sistem dari software payroll. Tidak hanya itu saja, penggunaan software payroll juga dapat menghemat waktu, biaya dan energi.

Fungsi Software Payroll

Terdapat beberapa fungsi payroll, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk memudahkan dalam penyimpanan data secara otomatis dan aman. Karena, melakukan proses penyimpanan data secara manual bisa membutuhkan banyak waktu, sulit untuk dikerjakan, memerlukan kertas yang banyak, dan memakan banyak ruang penyimpanan. Sehingga, dengan canggihnya teknologi software payroll, maka perusahaan tidak susah-susah dalam mempersiapkan hal-hal tersebut. Data lama yang sudah tidak dipakai juga dapat dengan mudah dihapus.
  • Untuk membantu mempermuah perhitungan jumlah gaji dan potongan yang diberikan kepada karyawan. Sesudah ditentukannya gaji kotor, maka secara otomatis sistem akan melakukan perhitungan besarnya potongan, misalnya potongan untuk pajak, asuransi, BPJS, pinjaman dan lain-lain. Potongan-potongan tersebut semuanya akan dimasukkan ke dalam gaji kotor sebelum pada akhirnya secara otomatis ditransfer ke rekening karyawan. Bahkan dalam sistem software payroll tertentu ada juga yang dapat menyertakan reimbursement atau penggantian biaya secara otomatis, sebagai contoh untuk penggantian biaya bisnis, biaya penggantian kesehatan yang mungkin tidak memiliki BPJS, biaya penggantian perjalanan bisnis, dan berbagai bentuk pengeluaran lain yang dilakukan karyawan.
  • Dapat digunakan untuk membuat formulir pajak yang seusai kebutuhan perusahaan maupun karyawan. Sehingga formulir pajak tersebut nantinya dapat dicetak dan dikirim ke pihak terkait.
  • Ada pula fitur self service yang bisa memungkinkan karyawannya untuk mengakses data informasi mengenai besarnya gaji, jam kerja, bonus, potongan dan yang lainnya dengan mudah dan cepat.
  • Untuk pembuatan laporan yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan bisa dilakukan secara detail dan mudah.
  • Software payroll sistemnya berbasis cloud, sehingga dapat diakses dimanapun dan kapan saja. Tidak hanya itu saja, sistem yang berbasis cloud ini juga bisa terupdate secara otomatis jika terjadi perubahan kebijakan pajak. Sehingga gaji karyawan dapat selalu disesuaikan dengan ketentauan yang menjadi ketetapan pemerintah.
  • Software payroll bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari perusahaan karena setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Itulah penjelasan singkat dari kami untuk mengenal apa itu software payroll, semoga apa yang telah kami tulis di atas bsia bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar