--> Skip to main content

5 Contoh Penerapan Loyalty Program untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Penggunaan loyalty program untuk menjaga kesetiaan pelanggan memang populer saat ini. Jika Anda adalah pengusaha, coba belajar banyak seputar program loyalitas tersebut. Jika ingin inspirasi contohnya, berikut adalah beberapa contoh penerapan loyalty program yang dapat ditiru!

Loyalty Program

Membuat Member Eksklusif Sebagai Prestige

Pada beberapa bisnis, penggunaan program loyalitas membagi pelanggan menjadi beberapa golongan tergantung kontribusi mereka ke bisnis. Para konsumen yang sering keluar uang besar untuk beli produk, mendapatkan status member Gold misalnya.

Saat memiliki status ini, pelayanan dan pemberian service perusahaan akan lebih fokus menyenangkan group member Gold ini. Contohnya di bengkel. Mereka yang memiliki status member Gold, dapat menunggu kendaraan di service sambil diberi hidangan makan siang gratis.

Pemberian Achievement Sebagai Target

Hal ini sering digunakan pada berbagai layanan aplikasi jasa online. Contoh pada platform belanja online. Jika Anda belanja sebesar 1 jutaan Rupiah dalam sehari, achievement akan didapatkan. Achievement ini berupa penanda khusus pada akun Anda.

Tanda ini bisa berupa bingkai gambar avatar yang tidak sekedar bundar, tapi ada border warna gold. Selama menggunakan tanda tersebut, Anda akan mendapatkan diskon dan potongan biaya delivery selama seminggu. Bonus ini akan membuat pelanggan ingin belanja banyak demi dapatkan achievement tersebut.

Memberikan Banyak Keuntungan Dalam Hal Diskon

Keuntungan ini adalah yang paling standard. Contohnya adalah pada aplikasi beli makanan delivery. Jika sudah berlangganan lama, aplikasi akan beri voucher reward tiap bulannya untuk potongan pemesanan. Jadi, bagi yang sudah berlangganan lama dapat mengumpulkan lebih banyak voucher bonus ini.

Memberi Kebebasan dengan Sistem Poin

Memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memilih bonus tersendiri adalah kelebihan dari program loyalitas dalam bentuk poin. Pelanggan akan mendapatkan poin setiap transaksi pada umumnya. Setelah kumpulkan banyak poin, pelanggan dapat menukarnya untuk berbagai keuntungan tersendiri.

Contoh saja tukar voucher diskon, tukar hadiah bingkisan, sembako, uang cash dan bahkan hadiah mobil. Hal ini dapat dipilih sendiri oleh para pelanggan sebagai targetnya.

Undian Berhadiah Sebagai Selebrasi

Banyak pengusaha mengadakan pagelaran undian berhadiah bagi para pelanggannya. Pelanggan yang aktif sejak lama akan diberi peluang lebih besar untuk menang. Hal seperti ini sangat efektif membuat pelanggan selalu kembali dengan harapan setiap diadakan event undian, mereka dapat berkesempatan menang.

Di atas adalah beberapa contoh penerapan loyalty program yang dapat dicontoh para pengusaha. Semoga dengan inspirasi program ini, para pengusaha dapat membuat pelanggan lebih setiap belanja di tempat Anda!

Buka Komentar
Tutup Komentar