--> Skip to main content

Universitas Pertamina Menjadi Universitas Swasta Unggulan di Jakarta

Kota Jakarta, selain menjadi kota tujuan untuk mencari pekerjaan, juga banyak yang menjadikannya sebagai tempat tujuan utama untuk melanjutkan pendidikan. Hal tersebut dikarenakan di Jakarta ada banyak sekali universitas unggulan baik itu universitas negeri maupun swasta. Nah, salah satu Universitas Swasta Unggulan di Jakarta yang dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan adalah Universitas Pertamina.

Universitas Swasta Unggulan

Sudah tahukah anda dengan Universitas Pertamina? Universitas Pertamina adalah universitas swasta non kedinasan yang berada di bawah naungan salah satu perusahaan milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu Yayasan Pertamina. Universitas ini merupakan universitas yang baru didirikan tahun 2016. Universitas Pertamina secara resmi berdiri pada tanggal 1 bulan Februari tahun 2016. Pendirian universitas pertamina tersebut dilaksanakan berdasarkan dari Surat Keputusan Menristekdikti No. 60/KPT/I/2016. Dalam peresmiannya, Universitas Pertamina diresmikan pada tanggal 11 Februari tahun 2016 oleh Menristekdikti dan Dirut PT Pertamina Persero juga didukung oleh Menteri BUMN.

Meskipun tergolong universitas baru, tetapi Universitas Pertamina ini telah menjadi Universitas unggulan di Jakarta. Universitas ini mempunyai banyak jurusan untuk jenjang pendidikan S1. Hal menarik dari Universitas ini yaitu mempunyai visi yang bagus yaitu menjadi kampus Top World University. Selain itu hadirnya Universitas Pertamina ini merupakan bentuk kontribusi PT Pertamina terhadap masyarakat. Dimana dalam hal ini kontribusi PT Pertamina diwujudkan dalam bentuk berupa pendidikan perguruan tinggi. Walaupun Universitas Pertamina yang mendirikan PT Pertamina, tetapi di Universitas Pertamina sebagai Kampus berkualitas di Jakarta ini tidak hanya menyelenggarakan perkuliahan program studi teknik dalam rumpun sains dan teknologi saja. Ada juga program studi rumpun humaniora dan sosial yang diselenggarakan di Universitas Pertamina.

Beberapa pilihan fakultas beserta program studi (jurusan) yang ada di Universitas Pertamina yaitu sebagai berikut:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan pilihan jurusan: teknik perminyakan, teknik geologi, dan teknik geofisik.
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer dengan pilihan jurusan ilmu komputer dan kimia.
  • Fakultas Teknologi Industri dengan pilihan jurusan teknik mesin, teknik elektro, teknik logistik , dan teknik kimia.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan pilihan jurusan ekonomi dan manajemen.
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan pilihan jurusan komunikasi, dan hubungan internasional.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur dengan pilihan jurusan teknik lingkungan dan teknik sipil.

Universitas Pertamina dalam mendidik para mahasiswanya mempunyai beberapa keunggulan. Adapun keunggulan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Proses pembelajaran dan kurikulum yang diselenggarakan di Universitas Pertamina dilakukan melalui tugas dan proyek terkait bidang teknologi dan bisnis energi. Dengan demikian maka dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswanya dalam berpikir secara kritis serta dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks.
  • Sarana dan prasarana terbaik tersedia di Universitas Pertamina, sehingga para mahasiswa yang belajar di sana bisa merasa lebih nyaman.
  • Kenyamanan lingkungan pembelajaran di Universtias pertamina dapat menanamkan karakter Integrity, Profesionalism, Social Responsibility, Spirituality, Excellence dan Global Mindset kepada para mahasiswanya.
  • Para staf pengajar yang dimiliki oleh Universitas Pertamina berasal dari perguruan tinggi ternama baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun berasal dari luar negeri.
  • Universitas Pertamina menerapkan sistem pembelajaran bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dalam rangka menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MES) dan World Class University.

Selain beberapa hal di atas, hal menarik lainnya dari Universitas Pertamina yaitu tersedianya program beasiswa bagi para mahasiswa bagi yang berprestasi. Dengan program beasiswa tentu akan menambah minat para calon mahasiswa berkuliah di sini. Bagi yang terpilih mendapatkan beasiswa, maka biaya pendidikannya di Universitas Pertamina akan terbantu. Jadi, pilihan untuk berkuliah di Universitas Pertamina adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan.

Buka Komentar
Tutup Komentar