--> Skip to main content

Tips Belajar Coding Bagi Pemula

Belajar algoritma dan pemrograman merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan ketika kita belajar coding. Ada baiknya belajar tentang algoritma dasar dulu sebelum memahami proses coding pada bahasa pemrograman. Kenapa begitu? Karena algoritma itu ibarat resep, dan bahasa pemrograman itu ibarat sekumpulan peralatan yang digunakan untuk memasak. Jadi jika kamu tahu cara menyalakan kompor, menggunakan wajan, panci dan peralatan yang lain, akan tetapi tidak tahu resepnya, maka tidak akan bisa memasak yang enak. Demikian pula dengan coding jika kamu hanya bisa bahasa pemrograman tetapi tidak tahu algoritmanya maka itu akan sulit membuat sebuah program.

Tips Belajar Coding Bagi Pemula

Tips Belajar Coding

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan untuk belajar coding itu jangan asal langsung nyemplung, harus belajar dari dasarnya dulu. Maka dari itulah dalam pembahasan ini akan kami bagikan tips belajar coding bagi pemula yang tepat.

Pelajari dulu Algoritma dengan benar

Peran algoritma dalam belajar coding sangatlah penting. Sebaiknya, sebagai seorang programmer pemula jangan asal langsung menyapa dunia “hello word”, apalagi langsung menggunakan Java. Pelajarilah dulu intruksi mengenai bagaimana nantinya program akan dijalankan. Jadi bisa menganalisis dan memeriksa jika menemukan suatu kesulitan pada logika program, sehingga dapat menyelesaikannya sendiri, bukan ditinggalkan.

Sebagai contoh tentang suatu perhitungan:

  • Mulai
  • Input 1 dan 2
  • Proses 1 + 2
  • Output 3
  • Selesai

Proses algoritma juga bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya memasak mie instan, diawali dari menyiapkan bahan-bahannya sampai mie siap untuk disajikan.

Tuliskan Code Sesuai dengan Algoritma

Setelah kamu tahu bagaimana algoritma dan bisa membuat berbagai algoritma, maka cobalah untuk menerapkan algoritma yang kamu buat tersebut ke bahasa pemrograman. Dengan demikian, nantinya akan kelihatan, algoritma bagian mana yang tidak dapat jalan atau logika mana yang tidak bisa nayambung dalam algoritma tersebut. Coba lakukan tesing, jika masih pemula biasanya errornya hanya sekedar syntax saja, tetapi apabila telah membuat aplikasi errornya dapat berupa logika.

Mencoba Dengan Algoritma Yang Lain

Apabila menggunakan algoritma satu telah berhasil, maka cobalah untuk belajar menerapkan algoritma lain dan lakukanlah perbandingan, mana yang memang lebih efektif untuk program tersebut. Biasanya kebanyakan orang akan merasa cepat puas, setelah belajar algoritma dan telah berhasil mempraktekkan, maka akan menjadi malas untuk menggali lebih jauh lagi karena sudah senang dengan materi yang pertama. Nah, bagi kamu programmer pemula sebaiknya banyak-banyaklah belajar algoritma dan melakukan pengujian supaya ketika bertemu dengan masalah baru dapat menyelesaikan secara langsung dengan mudah.

Mencoba Untuk Belajar Bahasa Baru

Algoritma yang baik tentunya saat diuji coba menggunakan bahasa pemrograman lain akan mudah dieksekusi karena semua bahasa pemrograman pada dasarnya adalah sma yang membedakan hanya model penulisannya saja. Oleh karena itu, bisa menguasai suatu bahasa pemrograman dapat menjadi tantangan tersendiri bagi programmer pemula.

Intinya dari pembahasan di atas yaitu seorang programmer yang sudah expert pasti dulunya pernah amatiran. Jadi tidak akan bisa secara tiba-tiba membuat sebuah aplikasi yang bagus. Tentunya mereka belajar dulu dari dasar yaitu algoritma dulu baru coding menggunakan bahasa pemrograman.

Untuk kamu yang telah mencoba membuat sebuah algoritma, cobalah mempraktekkannya ke dalam bahasa pemrograman yang kamu kuasai.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang tips belajar coding bagi seorang pemula, semoga melalui penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar