--> Skip to main content

Tips Memilih Mesin Laminating Yang Bagus

Mesin laminating merupakan alat yang banyak digunakan dalam usaha foto copy atau percetakan. Berbagai macam dokumen seperti dokumen pribadi, kartu identitas, menu makanan restoran dan lain-lain, banyak yang memerlukan mesin laminating untuk memberikan suatu perlindungan tambahan berupa laminasi. Yang jadi pertanyaan yaitu apakah mesin laminating yang akan kamu gunakan itu sudah tepat? Nah agar tidak salah pilih, maka ada baiknya kamu menyimak penjelasan tentang tips mesin laminating yang bagus dalam artikel ini.

Tips Memilih Mesin Laminating Yang Bagus

Tips Memilih Mesin Laminating

Ada begitu banya pilihan mesin laminating yang ada di pasaran. Karena begitu banyaknya, maka bisa jadi kamu akan menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Untuk itu, silahkan kamu perhatikan beberapa tips memilih mesin laminating yang tepat berikut ini:

1. Ukuran mesin laminating roll

Pilihlah ukuran mesin laminating yang sesuai dengan ukuran dokumen yang akan delaminating.Umumnya mesin laminating yang digunakan untuk melaminasi dokumen kertas yaitu ukuran A4, ukuran A3, dan ukuran kartu.

2. Material dokumen yang dilaminating

Material dokumen seperti apa yang akan di laminating. Material dokumen yang berbeda tentu memerlukan mesin laminating yang berbeda, antara tipe thermal laminating atau cold laminating.

3. Ketebalan plastik laminating

Film laminating atau plastik laminating terbagi menjadi beberapa tingkat ketebalan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Plastik laminating dengan ketebalan 100 mikron menjadi jenis yang paling umum digunakan.
  • Plastik laminating dengan ketebalan 150 mikron dapat digunakan untuk memberikan lapisan pada buku menu restoran atau kafe karena lebih tebal dan kuat, sehingga bisa menjadi lebih awet.
  • Plastik laminating dengan ketebalan 250 mikron - 350 mikron. Plastik tersebut digunakan untuk keperluan khusus dan memerlukan jenis mesin laminating tertentu juga. Umumnya ini digunakan dalam usaha percetakan.

4. Jumlah Roller pada Mesin Laminating

Mesin laminating dilengkapi dengan roller yang dapat membantu memberikan tekanan dan merekatkan plastik ke permukaan dokumen atau kertas. Mesin dengan jumlah roller yang berbeda tentu mempunyai kegunaan yang berbeda. Jadi dalam menentukan pilihan, pastikan kamu memilih mesin laminating yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Adapun jumlah atau tipe roller yang digunakan untuk mesin laminating diantaranya adalah sebagai berikut:

Tipe 2 roller

Umumnya tipe 2 roller digunakan untuk dokumen yang ukurannya kecil seperti kartu identitas. Karena jumlah roller yang digunakan sedikit maka ukurannya sangat ramping. Kekurangan dari tipe 2 roller ini yaitu hasil yang berkerut dan tidak stabil jika digunakan untuk dokumen yang ukurannya besar.

Tipe 4 roller

Tipe 4 roller menjadi tipe yang umum digunakan. Hal tersebut dikarenakan tipe 4 roller ini cukup stabil, tidak berkerut, baik itu untuk dokumen yang ukurannya kecil maupun yang ukurannya besar seperti dokumen dengan ukuran A4 dan A3.

Tipe 6 roller

Tipe 6 roller ini mempunyai roller 4 pemanas dan 2 roller penarik. Kombinasi kerja antara roller-roller tersebut dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan. harga mesin laminating lebih tinggi jika di banding tipe yang lainnya, tetapi harganya pun sebanding dengan hasil yang diberikan. Tipe ini umumnya digunakan untuk tujuan komersial dalam skala yang besar dan bisa digunakan untuk plastik laminating dengan ketebalan 250 mikron hingga lebih.

5. Spesifikasi dan fitur tambahan pada mesin laminating

Umumnya mesin laminating dilengkapi dengan berbagai spesifikasi dan fitur tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa spesifikasi dan fitur tambahan yang ada pada mesin laminating yaitu berupa:

Waktu untuk pemanasan

Cari tahu dulu waktu yang diperlukan untuk bisa memanaskan mesin. Waktu pemanasan yang lama tentunya akan menyebabkannya menjadi kurang efisien.

Fitur pengatur suhu

Ada beberapa tiipe mesin laminating yang dilengkapi fitur pengaturan suhu yang bisa diatur disesuaikan dengan material dokumennya. Beberapa tipe material tertentu ada yang sensitive terhadap panas dan memerlukan suhu tertentu supaya tidak terjadi kerusakan.

Fitur lainnya

Fitur lainnya ini bisa berupa fitur paper jam dan juga fitur tombol emergency.

Jadi, pastikan kamu memilih mesin laminating yang tepat sesuai dengan kebutuhan supaya tidak sia-sia. Untuk pilihan mesin laminating yang lengkap dengan harga yang bersaing, Maxipro bisa menjadi solusi yang tepat. Karena di Maxipro kamu bisa menemukan mesin laminating sesuai dengan kebutuhan.

Buka Komentar
Tutup Komentar