--> Skip to main content

Apa Perbedaan Cloud Hosting dan VPS Hosting?

Dalam membangun sebuah website selain membutuhkan domain juga membutuhkan hosting. Hosting sediri ada banyak jenisnya misalnya shared hosting, cloud hosting, VPS hosting hingga dedicated hosting. Diantara beberapa jenis hosting tersebut yang mempunyai kemiripan dari segi harga yaitu cloud hosting untuk level high dengan VPS hosting. Mungkin jika kamu dihadapkan dengan dua pilihan jenis hosting tersebut akan bingung mau pilih yang mana. Maka dari itulah agar kamu bisa menentukan pilihan yang sesuai, kamu perlu tahu seperti apa perbedaan cloud hosting Dan VPS hosting.

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

Apa Itu Cloud Hosting

Saat ini banyak penyedia hosting yang menawarkan cloud hosting murah hingga yang mahal untuk yang untuk level high, lalu apa itu cloud hosting? Cloud Hosting merupakan layanan komputasi awan yang bekerja dengan sumber daya dari beberapa server secara sekaligus. Dimana dalam cloud hosting ini menggunakan beberapa server dalam satu kelompok, akan tetapi dalam satu server tersebut digunakan oleh beberapa pengguna secara sekaligus.

Jika diibaratkan, Cloud hosting ini seperti halnya apartemen yang biasanya telah didesain sedemikian rupa dengan berbagai macam fitur yang lengkap. Sehingga, kamu sebagai pengguna atau penyewa tinggal menggunakan saja.

Jadi untuk menggunakan Cloud hosting ini tidak memerlukan keahlian khusus karena jenis hosting ini sudah dimanage oleh pihak penyedia hosting, kamu tinggal membayar dan menggunakannya saja.

Kelebihan Cloud Hosting

Adapun beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan Cloud hosting diantaranya adalah:

  • Ada server yang dapat membackup jika terjadi masalah, sehingga layanan hosting ini bisa lebih diandalkan.
  • Tidak membutuhkan kemampuan teknis terkait dengan Cloud hosting.
  • Lebih menghemat biaya maupun tenaga.
  • Fleksibilitas dan Skalabilitas.

Kekurangan Cloud Hosting

Sedangkan untuk kekurangan Cloud hosting diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Kustomisasi terbatas.
  • Kecepatan servernya bergantung dengan kecepatan internet yang digunakan.
  • Rentan terkena serangan cyber-attack.

Apa Itu Virtual Private Server

VPS (Virtual Private Server) merupakan sever yang bekerja dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Dimana dalam VPS hosting ini dalam satu server fisik akan terbagi menjadi beberapa server virtual yang digunakan secara khusus hanya untuk satu pengguna. Jadi, di dalam satu akun VPS itu tidak digabung dengan akun lain.

Hal menarik jika menggunakan VPS yaitu bisa bebas menggunakan space yang tersedia dari mulai panel hostingnya, sistem operasinya, hingga aplikasi yang akan diinstall. Sehingga untuk hasil yang lebih maksimal, menggunakan VPS hosting bisa menjadi pilihan tepat karena tidak ada batasan kustomisasi. Bagi kamu yang ingin menggunakannya, tenang saja karena kini sudah ada banyak penyedia hosting yang menyediakan vps murah Indonesia. Namun, untuk dapat menggunakan VPS secara maksimal diperlukan penguasaan teknis terkait VPS tersebut.

Kelebihan VPS Hosting

Terdapat beberapa kelebihan jika menggunakan VPS hosting, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mendapatkan akses root yang bisa memungkinkan untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.
  • Konfigurasi keamanan dikelola oleh pemilik VPS secara penuh.
  • Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan bisa mengembangkan kapasitas VPS.

Kekurangan VPS Hosting

Sedangkan untuk kekurangan VPS hosting yaitu sebagai berikut:

  • Biasanya harganya sedikit lebih mahal dibanding Cloud hosting.
  • Untuk bisa menggunakan VPS hosting diperlukan pengetahuan teknis tentang pengoperasian server secara baik.

Jadi Bagus Mana antara Cloud Hosting dengan VPS Hosting?

Semua tergantung kebutuhan masing-masing. Untuk Cloud hosting akan lebih tepat jika digunakan oleh perusahaan atau pemilik website yang mempunyai trafik cukup tinggi maupun website yang sedang dalam proses pengembangan. Akan tetapi jika mempunyai website dengan kriteria trafik yang besar dan mempunyai pemahaman terkait tentang server, maka akan lebih tepat untuk menggunakan layanan VPS hosting.

Jadi itulah perbedaan Cloud hosting dan VPS hosting yang dapat kamu jadikan sebagai acuan dalam menentukan pilihan hosting untuk website yang kamu kelola.

Buka Komentar
Tutup Komentar