--> Skip to main content

Apa Kegunaan dari VPS? Pebisnis Perlu Tahu Ini!

Berbisnis online menjadi lancar dengan dukungan VPS. Pebisnis perlu tahu hal ini agar kedepan tidak perlu menghadapi masalah akibat kurang tepat memilih jenis hosting. Apa kegunaan dari VPS sebenarnya? Maka simak selengkapnya di bawah ini karena kami juga berikan petunjuk, apakah semua pebisnis perlu memakai VPS untuk website mereka?

Kegunaan dari VPS

Adapun mengenai pengertiannya sendiri, VPS (Virtual Private Server) merupakan teknologi virtualisasi yang membagikan sumber dayanya menjadi beberapa bagian. Untuk penyimpanan data website dikenal sebagai VPS hosting. Meski demikian, baik VPS maupun VPS hosting sama saja.

Apa Kegunaan dari VPS?

1. Memberikan Sumber Daya Lebih Banyak, Andal dan Stabil

VPS kerap dibandingkan lebih baik daripada shared hosting, baik dari segi stabilitas maupun keandalan. Bisa juga dibilang mirip dengan dedicated hosting sebab sumber daya didedikasikan hanya untuk website bisnis kamu. Artinya, kamu akan mendapatkan jumlah RAM dan CPU dalam jumlah yang banyak sehingga website berjalan lancar.

Dengan banyaknya sumber daya yang tersedia dan didedikasikan penuh hanya untuk website kamu, maka jelas kualitas seperti apa yang akan didapat.

Mulai dari hal yang paling sederhana misalnya, yakni pemrosesan data. Konten-konten di website dapat dimuat lebih cepat. Dengan begitu, pengunjung pasti akan tinggal di halaman website kamu dalam waktu lama. Kualitas kunjungan yang lama akan dipertimbangkan Google untuk muncul di hasil pencarian paling atas sehingga makin banyak traffic yang didapat. Jika sudah demikian, maka brand awareness dan conversion juga meningkat.

2. Memungkinkan Pengontrolan Secara Remote

VPS juga berguna memberikan kuasa kepada pengelola website agar senantiasa dapat mengaksesnya kapan dan di mana saja karena VPS memungkinkan pengontrolan yang dilakukan secara remote.

Sederhananya, dengan VPS, kamu jadi memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi oleh lokasi. Misalnya, VPS hosting server kamu berada di Amerika. Walaupun sedang berada di Indonesia, kamu bisa tetap mengakses server nan jauh di sana tanpa ada batasan aktivitas.

3. Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Dari sejumlah kemudahan yang diberikan, kualitas kinerja VPS merupakan standar pilihan yang terbaik bagi para pebisnis online untuk membuat website. Meski demikian, harga yang ditawarkan tergolong murah.

Penawaran harga murah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka, sekaligus membantu mengenalkan kepada tren ekosistem digital demi mencegah kemungkinan bangkrut akibat usaha tidak mengikuti perkembangan zaman.

Akan tetapi, sebaiknya bandingkan dulu tarif produk yang ditawarkan, ditambah dengan tarif, dan dibuat dalam bentuk daftar. Maka kamu akan menemukan harga yang terbaik. Dengan begitu, pengeluaran VPS per bulan jadi lebih terkendali.

4. Menjamin Sistem Keamanan

Ternyata sumber daya yang didedikasikan secara penuh hanya untuk website kamu, tidak hanya berguna meningkatkan kinerja dan kualitas web. Lebih penting dari pada itu, yakni sebagai penjamin keamanan.

Seperti yang kita tahu, jaringan kini bisa menjadi sumber ancaman atas tindak kejahatan digital. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, diperlukan hosting dengan sistem keamanan yang ketat seperti VPS. Umumnya jauh lebih aman dibandingkan hosting jenis lain.

5. Melakukan Kustomisasi

Tidak perlu khawatir apabila sumber daya yang diberikan hosting terlalu banyak. Kamu dapat membatasinya dengan melakukan kustomisasi untuk menentukan kapasitas yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

6. Mengurangi Jejak Karbon

Kegunaan VPS sudah tidak dapat diragukan lagi karena bisa memberikan banyak keuntungan, khususnya bagi pemilik website. Namun hebatnya VPS hosting ini adalah dapat membantu mengurangi jejak karbon. Mengapa bisa begitu?

Jadi, saat server VPS digunakan, hanya kita seorang yang menggunakannya secara penuh. Namun, tahukan kamu bahwa hal ini merupakan upaya yang bagus dalam meminimalisir jejak karbon. Sehingga dengan memakai VPS hosting, kamu sudah berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan.

Cara Mengetahui Apakah Web Bisnis Kamu Butuh VPS Hosting atau Tidak

Bicara soal bisnis, maka kita harus selalu mempertimbangkan untung-rugi. Namun, satu hal yang pasti adalah keuntungan akan mengikuti sepanjang memilih keputusan yang tepat. Untuk membantu kamu apakah sudah saatnya pindah ke VPS hosting atau tidak, kami buatkan daftar perbandingan berikut.

Kondisi A Kondisi B
  • Perusahaan berencana melakukan proses transaksi keuangan hingga transfer data yang sensitif.
  • Jumlah traffic saat ini melebihi kapasitas yang ditawarkan hosting sebelumnya.
  • Sistem hosting meminta akses root ke server website.
  • Sangat perlu menginstall modul atau aplikasi khusus, namun shared hosting tidak mendukungnya.
  • Menginginkan kondisi di mana pengembangan virtual yang dilakukan ditujukan untuk pengujian.
  • Jumlah traffic masih bisa ditampung atau terpenuhi kapasitasnya.
  • Pengelolaan website ditujukan untuk mempelajari hal mendasar, seperti cPanel, Wordpress, dan FTP.

Di antara dua kondisi di atas, mana yang paling sesuai dengan kondisi saat ini? Jika lebih condong pada kondisi A, maka saatnya menggunakan VPS. Lagipula, kini harganya sudah terjangkau dengan fitur lengkap bisa kamu dapatkan hanya di DomaiNesia.

Buka Komentar
Tutup Komentar