--> Skip to main content

Strategi Marketing Online Yang Efektif

Sekarang ini berbagai hal bisa dilakukan secara online, mulai dari berkomunikasi, belajar, hingga berbisnis online. Nah, bagi kamu yang mempunyai bisnis online, tentu sangat membutuhkan yang namanya strategi marketing online.

Strategi Marketing Online Yang Efektif

Strategi marketing online merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mempromosikan produk dengan memanfaatkan berbagai platform online yang bisa diakses dengan mudah melalui internet. Karena kemudahannya tersebut, maka tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang telah beralih menggunakan strategi marketing online dibandingkan dengan cara tradisional.

Selain itu banyaknya pengguna internet yang terus meningkat, membuat strategi marketing online banyak diterapkan oleh para pebisnis, terutama pebisnis online. Lalu, seperti apa strategi marketing online yang efektif diterapkan? Simak penjelasannya di sini.

Strategi Marketing Online Yang Efektif

Adapun beberapa strategi marketing online yang efektif dan banyak dipakai oleh para pebisnis, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah jenis strategi marketing online yang saat ini sedang trend. SEO ini bertujuan untuk menampilkan situs web di halaman pertama situs pencarian seperti google, tanpa iklan google ads. Kunci sukses strategi SEO ini salah satunya terletak pada konten yang disajikan pada situs web. Selain itu ada berbagai hal lainnya yang mempengaruhi SEO seperti keyword, backlink, kecepatan akses situs dan lain-lain.

2. Content Marketing

Content marketing adalah jenis strategi marketing online yang dapat dilakukan dengan membuat konten yang menarik bisa berupa tulisan, disertai foto, maupun video pada sebuah website. Tujuan dari content marketing ini adalah agar produk maupun jasa yang ditawarkan bisa dikenal banyak orang. Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang sebelum membeli suatu produk adalah mencari berbagai informasi tentang produk yang hendak dibelinya. Maka dari itulah membuat content tentang informasi produk yang dicari konsumen pada website itu menjadi hal penting dalam strategi marketing online. Hal itu karena biasanya calon konsumen akan mencari informasi tentang suatu produk secara langsung dari webisitenya.

Hal penting yeng harus diingat adalah dalam membuat content marketing sebaiknya jangan secara terang-terangan. Hal itu karena umumnya konsumen akan menghindari iklan yang terlalu lugas. Jadi sebaiknya kamu buat konten yang semi-advertorial terlebih apabila kontennya berbentuk tulisan.

3. Social Media Marketing

Social media marketing dapat menjadi strategi marketing online yang efektif, mengingat semakin banyaknya pengguna media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Ketika menerapkan social media marketing maka potensi keterjangkauan pelanggan akan menjadi lebih luas. Dengan demikian, jumlah pelanggan akan bisa meningkat sehingga penjualan pun menjadi meningkat.

4. PPC (Pay Per Click)

PPC atau Pay Per Click adalah pemasaran produk yang dilakukan dengan memanfaatkan iklan berbayar. Dalam hal ini harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar jasa promosi sesuai dengan jumlah klik dari target konsumen. Kelebihan dari strategi marketing PPC ini yaitu bisa mengontrol biaya yang dikeluarkan untuk iklan. Selain itu juga bisa menentukan target konsumen, mengatur platform penempatan iklan, dan durasi iklan yang ditampilkan.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi marketing online yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak lainnya. Pihak lain tersebut akan memasarkan produk dengan membagi keuntungan yang didapatkan. Dengan demikian, maka tidak hanya bisa meningkatkan penjualan saja, akan tetapi juga dapat memperluas relasi bisnis sehingga bisa dikenal oleh banyak orang.

Itulah beberapa strategi marketing online yang efektif dilakukan, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Sumber : Ritaelfianis.id

Buka Komentar
Tutup Komentar