--> Skip to main content

Apa itu EduTech?

Berdasarkan penjelasan situs arsjadrasjid.com pengaruh perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam dunia pendidikan bisa mengubah semua dengan cepat. Pengaruh teknologi pada dunia pendidikan disebut sebagai Edutech (Education Technology). Nah seperti apa itu EduTech? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu EduTech?

Apa itu EduTech?

Kata EduTech berasal dari 2 kata yaitu education yang artinya pendidikan dan technology yang artinya teknologi. Dapat diartikan bahwa EduTech adalah sistem pendidikan modern dengan mengacu pada penggunaan hardware dan software yang dirancang sedemikian rupa untuk bisa meningkatkan kegiatan belajar dan meningkatkan hasil belajar.

Selain memberikan pengalaman pendidikan, edutech juga didasarkan pada pengetahuan teoritis dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu komunikasi, pendidikan, sosiologi, ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan psikologi. Hal ini mencakup beberapa hal termasuk diantaranya yaitu teori pembelajaran, pelatihan yang berbasis komputer, pembelajaran secara online, dan m-learning dengan penggunaan teknologi seluler. Dengan adanya EduTech ini maka akan dapat membantu kinerja guru sebagai tenaga pengajar formal untuk mengajar sesuai dengan kurikulum yang ada.

Manfaat Edutech

Hadirnya EduTech ini dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Hal tersebut karena kegiatan belajar megajar dikemas dengan teknologi modern. Dimana yang dulunya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara konvensional kini beralih ke cara modern yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Tidak hanya itu saja, EduTech juga sangat membantu para pelajar dan guru untuk bisa lebih mudah dalam berinteraksi antara satu dengan yang lain. Tentunya proses ini dapat membantu para pelajar dan dosen agar dapat mengetahui peran pentingnya masing-masing. Dengan demikian, antusiasme terhadap setiap pembelajaran dapat terasa lebih menarik dan menyenangkan untuk diaplikasikan.

Selain hal itu, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan Edutech dapat dirasa lebih efektif. Pengajar atau tenaga pendidik tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan diskusi atau kegiatan belajar-mengajar. Karena, dengan teknologi yang ada kegiatan belajar mengajar jauh akan lebih efektif dilakukan.

Perkembangan EduTech di Indonesia

Di Indonesia, sekarang ini perkembangan EduTech telah mulai berkembang pesat. Bahkan menurut hasil riset yang dilakukan oleh pemerintah di tahun 2021, EduTech di Indonesia jumlahnya telah mencapai kisaran 200an startup EduTech. Itu artinya, kehadiran EduTech ini sangat banyak peminatnya dan tentunya dapat memberikan dampak yang positif untuk perkembangan pendidikan di Indonesia.

Berbagai platform EduTech yang ada di Indonesia ini memanfaatkan media yang ada untuk menyajikan berbagai jenis materi untuk pembelajaran, sistem akademis pendidikan dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan.

Praktek EduTech di Indonesia

Penerapan EduTech dalam dunia pendidikan sangatlah penting terlebih ketika pandemi berlangsung, banyak pihak sekolah maupun perguruan tinggi yang memanfaatkan platform EduTech untuk media pembelajaran. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar tetap bisa berlangsung meskipun tidak berada di tempat yang sama.

Umumnya di dalam platform EduTech terdapat beberapa fitur seperti video conference, jadwal kelas online, kuis online, hingga absen secara online. Peserta didik dapat dengan mudah mengakses platform EduTech meski berada di luar sekolah atau kampus. Jadi, dalam penggunaannya tidak terhalangi oleh jarak dan waktu. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah dan cepat.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan seperti apa itu EduTech, semoga penjelasan yang telah kami bagikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang EduTech.

Buka Komentar
Tutup Komentar