--> Skip to main content

Trading BTF PRO Apakah Ilegal Dan Bagaimana Hukum Trading

Saat ini banyak orang yang berminat untuk melakukan sebuah investasi. Sehingga, tidak heran jika banyak orang yang tergiur menggunakan platform website investasi tertentu untuk menghasilkan banyak uang. Salah satunya website penghasil uang bernama trading BTF PRO yang menggunakan metode investasi yang kini telah ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Yang menjadi pertanyaannya yaitu apakah Trading btf pro itu illegal? Lalu bagaimana hukum trading dalam Islam? Berikut ini penjelasannya.

trading BTF PRO Apakah Ilegal

Lalu Apakah BTF PRO Ilegal?

Dikutip dari sunanesia.com menyebutkan bahwa Trading BTF PRO merupakan sebuah website penghasil uang yang ilegal atau money game, itu artinya website tersebut akan berbahaya jika digunakan oleh para investor yang menginvestasikan banyak uangnya di aplikasi atau website tersebut, modusnya yaitu dengan trading, website penghasil uang tersebut berkedok Money Game ponzi.

Lalu bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk mengecek legalitas website perusahaan tersebut supaya bisa terhindar dari tindak penipuan?

Cara yang bisa dilakukan cek perusahaan tersebut adalah dengan mengecek apakah telah terdaftar di OJK dan juga BAPPEBTI ataukah tidak. Untuk mengeceknya bisa dengan mengaksesnya lewat telepon, WhatsApp, maupun alamat email resminya. Nomor telepon resmi OJK, adalah kontak OJK 157. Selain itu kamu juga dapat mengakses WhatsAppnya 081-157-157-157. Sedangkan untuk alamat email milik OJK resmi yaitu konsumen@ojk.go.id.

Kemudian untuk BAPPEBTI, silahkan kamu buka situs www.bappebti.go.id klik pada menu pelaku pasar letaknya ada di bagian atas, kemudian pilihlah menu PBK, SRG, Pasar Lelang atau Pedagang Fisik. Di sana akan terdapat daftar perusahaan yang memang benar-benar telah terdaftar dan legal di BAPPEBTI.

Jadi bagi masyarakat dalam melakukan trading sebaiknya menggunakan platform perusahaan yang memang sudah terdaftar di OJK dan Bappebti karena penggunaan layanan dari perusahaan yang illegal akan berisiko kerugian.

Hukum Trading Dalam Islam

Trading merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dalam pasar finansial. Aktivitas trading ini tidak hanya sekedar proses jual beli barang maupun jasa biasa. Ada banyak alasan yang membuat orang tertarik melakukan trading salah satunya yaitu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Padahal di balik itu ada juga risiko mengalami kerugian yang besar.

Trading adalah jenis investasi yang berhubungan dengan nilai tukar atau harga mata uang tertentu. Secara singkatnya cara kerja trading yaitu dengan membeli mata uang tertentu pada saat nilainya sedang turun, kemudian menjual kembali mata uang tersebut pada saat nilainya sedang naik. Keuntungan yang didapat dari trading yaitu selisih dari harga jual dikurangi dengan harga beli.

Lalu bagaimanakah Hukum trading dalam islam? Jika dalam sebuah trading memenuhi beberapa syarat berikut ini maka hukumnya boleh atau mubah:

  • Tidak ada unsur spekulasi (main untung-untungan).
  • Ada kebutuhan untuk transaksi atau simpanan untuk berjaga-jaga.
  • Jika transaksi dilakukan terhadap mata uang yang sejenis maka nilai tukarnya haruslah sama dan dilakukan secara tunai atau at-taqabudh.
  • Jika mata uangnya berlainan jenis, maka hendaknya dilakukan dengan kurs atau nilai tukar yang berlaku ketika transaksi dilakukan dan dilakukan secara tunai.

Akan tetapi, apabila dalam sebuah trading tidak dapat memenuhi beberapa syarat yang disebutkan di atas, maka dapat dikatakan bahwa hukum trading adalah haram.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang trading BTF PRO apakah ilegal dan bagaimana hukum trading. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar