--> Skip to main content

Penyebab dan Solusi Smartphone Android Terkena Virus

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - September 04, 2023

Sekarang ini smartphone merupakan salah satu perangkat yang banyak dipakai orang untuk menunjang aktivitas komunikasi jarak jauh. Tidak hanya itu saja, smartphone kini juga banyak digunakan untuk berbagai aktivitas lain seperti saran hiburan, jual beli online, akses layanan perbankan, menyimpan data, dan berbagai aktivitas lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa smartphone memiliki banyak fungsi.

Penyebab dan Solusi Smartphone Android Terkena Virus

Lantas, bagaimana jika smartphone yang kita pakai tersebut teerkena virus? Jika terkena virus smartphone bisa sja mengalami kerusakan bahkan sampai tidak bisa digunakan. Selain itu, ada juga jenis virus yang bisa mengancam keamanan data pribadi yang ada di smartphone. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang menyebabkan smartphone terkena virus dan apa solusi yang tepat untuk melindungi smartphone dari virus.

Penyebab Smartphone Android Bisa Terkena Virus

Smartphone android umumnya bisa terserang virus itu dikarenakan kurangnya memberikan perlindungan pada smartphone seperti tidak menginstall Antivirus Android. Akan tetapi, selain itu juga terdapat penyebab yang lain yang menyebabkan smartphone android terkena virus. Adapun beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan aplikasi versi bajakan.
  • Mendownload aplikasi secara sembarangan dari sumber tidak terpercaya lalu menginstallnya di smartphone.
  • Mengatur wifi selalu aktif secara otomatis.
  • Aplikasi yang terinstall di smartphone jarang diupdate.
  • Memberi izin informasi pribadi dalam aplikasi android yang dipakai.
  • Berbagi file dengan perangkat lain yang sudah terkena virus, baik itu file gambar, video, musik maupun jenis file yang lain.
  • Sistem keamanan smartphone tidak berfungsi dengan baik.

Solusi Agar Smartphone Tidak Mudah Terkena Virus

Solusi Agar Smartphone Tidak Mudah Terkena Virus adalah dengan memastikan jika menginstalal aplikasi itu dari toko aplikasi terpercaya seperti Google Play Store. Kemudian, apabila sering menginstall aplikasi dari toko aplikasi lain, maka sebaiknya memberikan perlindungan pada smartphone dengan menginstall antivirus terlebih dahulu. Akan tetapi, yang paling penting untuk diingat adalah pastikan antivirus yang kamu pasang itu bersumber dari vendor yang terpercaya. Nah, salah satu dari Antivirus Terbaik yang berasal dari vendor terpercaya adalah Protekzi - Super Antivirus buatan dari PT Gig Kita Bersama.

Protekzi - Super Antivirus termasuk aplikasi antivirus android yang berteknologi canggih karena bisa memberikan perlindungan keamanan smartphone android yang kamu gunakan dari berbagai ancaman virus, adware, malware ransomware maupun yang lainnya.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan solusi smartphone android terkena virus. Dengan menginstall antivirus terbaik, maka perlindungan keamanan untuk smartphone bisa lebih maksimal. Dengna demikian smartphone yang kamu gunakan akan lebih terllindungi dari serangan virus yang bisa menyebabkan kerusakan atau bisa mengancam keamanan data pribadimu. Semoga apa yang sudah kami tulis tersebut bisa bermanfaat bagi kamu yang perlu perlindungan smartphone dari serangan virus yang membahayakan.

Buka Komentar
Tutup Komentar