--> Skip to main content

Microsoft Segera Menghadrikan AI Copilot ke Windows 10

Berita Seputar Gadged kesehatan dan Makanan kali ini akan menyampaikan informasi tentang Microsoft segera menghadirkan AI Copilot ke Windows 10. Dimana sebelumnya Microsoft telah menghadirkan AI CoPilot pada sistem operasi Windows 11. Hadirnya fitur AI CoPilot dapat menjadi fitur personal asisten yang berbasis AI generatif. AI Copilot dapat diakses dengan mudah melalui sidebar yang tersedia pada jendela desktop penggunanya.

Microsoft Segera Menghadrikan AI Copilot ke Windows 10

Sebelumnya fitur ini merupakan fitur Bing Chat yang dihadirkan oleh Microsoft pada peramban atau browser Microsoft Edge. Akan tetapi saat ini AI CoPilot dihadirkan secara terpisah dengan browser Edge seiring dengan semakin bertambahnya kemampuan fitur-fitur yang dimiliki tools tersebut.

Nah, kabarnya Microsoft juga segera menghadirkan fitur AI CoPilot ke dalam sistem operasi Windows 10. Kabar tersebut kabarnya telah disampaikan oleh Microsoft dalam wawancara eksklusifnya bersama dengan Windows Central. Disebutkan jika nantinya AI Copilot dihadirkan pada di Windows 10, juga akan ditampilkan sebagai menu sidebar yang tampil di jendela desktop pengguna seperti halnya yang ada di Windows 11.

Kenapa AI Copilot Dihadirkan di Windows 10?

Salah satu hal yang menjadi alasan utama kenapa Microsoft akan menghadirkan AI Copilot ke dalam Winddows 10 adalah karena Widnows 10 saat ini masih mempunyai pengguna dalam jumlah yang banyak. Dimana sekarang ini jumlah pengguna Windows 10 masih mendominasi dan melebihi jumlah pengguna Windows 11.

Sekarang ini setidaknya Windows 10 telah memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif. Tentu jumlah pengguna tersebut jauh lebih tinggi dibanding dengan Windows 11 yang hanya memiliki 400 juga pengguna aktif.

Apabila AI Copilot nantinya dibagikan ke 1 miliar pengguna aktif Windows 10, tentu akan memudahkan Microsoft dalam mengajak para developer untuk mengembangkan plugin AI Copilot. Yang pastinya Microsoft ingin para developer menghadirkan plugin pada tools AI Copilot supaya dapat memperkuat pengalaman personal asisten AI, yang imbasnya akan menjadi lebih baik untuk pengalaman penggunanya. Hal tersebut tentu dapat menjadi suatu nilai jual bagi Microsoft untuk platform Widnwosnya di waktu yang akan datang.

Sebenarnya jika dilihat dari sisi framework, AI Copilot akan mudah diaplikasikan ke Windows 10. Hal itu karena sistem operasi windows 10 tidak jauh berbeda dengan sistem operasi terbarunya windows 11. Di lain sisi, ini akan terlihat agak aneh untuk Microsoft yang memberikan dukungan fitur canggihnya berbasis AI ke sistem operasi yang lama, yang bahkan dikabarkan akan diberhentikan dukungannya pada tahun 2025 yang akan datang. Ngomong-ngomong, untuk kamu pengguna Windows 11 bagaimana apakah sudah mencoba seperti apa kecanggihan AI Copilot? Bagaimanakah pengalamanmu dalam menggunakannya? Tuliskan di kolom komentar ya.

Demikian artikel berita tentang Microsoft segera menghadrikan AI Copilot ke Windows 10, yang dapat kami tuliskan semoga artikel di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar