--> Skip to main content

Fakta Unik Kota Kudus Jawa Tengah

infomuria.com – Kota kudus adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Nama dari kota kudus itu sendiri berasal dari kata dalam bahasa arab yaitu “Al-Quds” yang artinya suci. Kota kudus termasuk dalam karesidenan pati. Dimana karesidenan pati ini terdiri atas Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora.

Fakta Unik Kota Kudus Jawa Tengah

Dari beberapa kabupaten yang terdapat di Karesidenan Pati, Kabupaten Kudus merupakan kabupaten yang paling pesat kemajuannya. Bagaimana, apakah kamu mulai tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang kota kudus? Apabila ya, mari simak bersama tentang fakta unik kota kudus Jawa Tengah untuk menambah pengetahuanmu.

1. Mempunyai Banyak Nama Sebutan

Kota Kudus memiliki banyak nama sebuatan dari mulai kota kretek, kota santri, hingga kota semarak. Setiap nama sebuatan tersebut memppunyai arti tersendiri. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

  • Kota Kretek: Kretek berarti rokok, Kota Kudus disebut sebagai kota kretek dikarenakan ada banyak pabrik rokok yang dapat dijumpai di kota ini.
  • Kota santri: Kota kudus saat abad pertengahan dulu telah menjadi pusat perkembangan agama Islam. Sampai sekarang ini, kota Kudus masih tetap menjaga eksistensinya terbukti dengan banyaknya pesantren yang tersebar di berbagai daerah di kudus.
  • Kota semarak: Sebutan Semarak digunakan sebagai motto keindahan Kota Kudus. Semarak adalah singkatan dari Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional.

2. Memiliki Menara Bersejarah

Kota kudus mempunyai menara kudus yang sangat bersejarah. Di sebelah menara kudus terdapat masjid bersejarah yaitu masjid Al-Aqsha. Adapun pendir dari menara kudus adalah Sunan Kudus. Menara Kudus merupakan sebuah bukti adanya akulturasi antara islam, hindu dan budha di zaman dulu.

Menariknya,hari berdirinya menara kudus dijadikan sebagai hari lahirnya kabupaten kudus. Selain itu, menara kudus juga menjadi tempat wisata yang mampu menarik perhatian banyak perhatian masyarakat Indonesia. Setiap harinya Menara kudus ramai dikunjungi wisatawan baik itu dalam rangka kegiatan study tour maupun berziarah ke makam Sunan Kudus.

3. Terdapat Filosofi yang Melekat

Filosofi yang melekat di Kota Kudus yaitu Gusjigang yang memiliki makna Bagus, Mengaji dan Berdagang. Filosofi tersebut diperkenalkan oleh Sunan Kudus. Diharapkan melalui filosofi tersebut masyarakat kota kudus bisa memiliki kepribadian yang baik, rajin mengaji dan memiliki kemampuan berdagang.

Hal tersebut terbukti dengan kota kudus yang disebut sebagai kota santri karena banyaknya pesantren di kudus, penduduknya yang ramah dan gemar mengaji, serta banyak yang berjualan oleh-oeh khas seperti jenang kudus yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh favorit bagi wisatawan saat berwisata di kudus.

4. Kuliner Khas yang Mengunggah Selera

Adapun yang menjadi kuliner khas di kota kudus yaitu soto kudus da lentog tanjung. Yang membedakan soto kudus dengan soto yang lain itu terletak pada warna kuahnya. Kuah soto kudus memiliki warna lebih kuning dikarenakan banyaknya rempah-rempah yang digunakan. Sementara untuk kuliner khas lentog tanjung yaitu lontong yang dicampuri dengan kuah lodeh tahu dan juga tewel atau sayur nangka muda. Biasanya lentog tanjung sering dikonsumsi untuk sarapan pagi sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Selain soto kudus dan lentog tanjung juga ada jenang kudus yang mempunyai cita rasa khas dan juga tersedia berbagai varian rasa seperti rasa coklat, durian, susu, mocca, capuccino, pandan, cocopandan dan nangka.

Itulah informasi fakta unik kota kudus jawa tengah yang kami rangkum dari media online kabupaten kudus. Semoga dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar