--> Skip to main content

Cara Mematikan TouchPad Laptop Saat Mouse Terpasang

Cara mematikan touchpad laptop saat mouse terpasang - Untuk anda yang menggunakan mouse pada laptop, tentunya touchpad tidak akan langsung mati secara otomatis. Terkadang hal tersebut mengganggu karena ada 2 input untuk kursor, kemudian anda ingin mematikan touchpad di laptop tersebut. Mungkin anda masih belum tahu bagaimana cara mematikan touchpad tersebut. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tentang tutorial cara mematikan touchpad di laptop. Oke langsung saja berikut ini tutorial yang akan kami berikan.

Cara Mematikan Touchpad di Laptop

Anda matikan tocuhpad laptop melalui tombol.
cara mematikan touchpad laptop

Pada beberapa laptop sudah dilengkapi dengan tombol yang digunakan utnuk mematikan touchpad melalui keyboard. Misalkan, pada laptop Acer yang saya miliki terdapat tombol yang digunakan untuk mematikan touchpad dengan cara menekan tombol Fn + F7. Kombinasi tombol yang serupa juga dapat anda gunakan lagi untuk mengaktifkan touchpad.

Perlu anda ketahui kalau tiap-tiap laptop mempunyai tombol untuk mematikan touchpad yang berbeda-beda. Contohnya cara yang digunakan untuk mematikan touchpad laptop asus pastinya berbeda dengan cara yang digunakan pada laptop Acer. Sebagian besar laptop, tombol yang digunakan utnuk mematikan touchpad ada pada tombol F9. Jadi cara yang digunakan untuk mematikan touchpad pada laptop Asus dengan menekan tombol Fn +F9. Silahkan anda cek saja tombol yang mempunyai icon tocuhpad.

Cara Mematikan Touchpad Windows 10

Apabila pada laptop anda tidak terdapat tombol pada keyboard yang digunakan untuk mematikan touchpad, maka anda dapat mematikannya lewat Setings Windows 10. Cara mematikannya silahkan anda buka Settings -> Devices -> Touchpad -> kemudian matikan pilihan Leave touchpad on when a mouse is connected.

Dengan cara itulah maka pada saat mouse terpasang di laptop, maka Windows 10 secara otomatis akan mematikan Touchpad.

Cara Mematikan Touchpad di Windows 7 / 8.1 / 10

Untuk mematikan touchpad selain melalui Settings, anda juga dapat menggunakan Control Panel untuk mematikan touchpad laptop. Cara mematikan touchpad lewat Control Panel bisa anda gunakan pada laptop Windows 7 / 8.1 / 10.

Bukalah Control Panel -> Hardware and Sound -> di bawah pilihan Device and Printers klik menu Mouse.
cara mematikan touchpad laptop

Perhatikan tab yang letaknya berada di sebelah paling kanan. Sekarang tergantung dari laptop anda:
  • Untuk Synaptics Touchpad, bukalah tab Device Settings berada di paling kanan. Apabila terdapat pilihan Disable internal pointing device when external USB pointing device is attached, silahkan di centang. Dengan cara itu maka pada saat mouse dipasang maka touchpad dimatikan secara otomatis. Namun apabila anda tidak menemukan pilihan tersebut, maka anda dapat mematikan touchpad dengan cara manual yaitu klik Disable -> Apply.
  • Untuk ELAN Touchpad, maka bukalah tab ELAN di bagian paling kanan. Apabila terdapat pilihan Disable when external USB pointing device plug in, maka centang. Melalalui cara itulah maka pada saat mouse terpasang touchpad akan dimatikan secara otomatis. Namun apabila anda tidak menemukan pilihan tersebut, maka anda dapat mematikannya secara manual dengan cara klik Stop Device > Apply.
    cara mematikan touchpad laptop

Nah itulah cara mematikan touchpad laptop Asus, Acer, ataupun laptop Windows lainnya. Jika ada pertanyaan silakan disampaikan di kolom komentar.

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang cara mematikan touchpad laptop saat mouse terpasang. Semoga cara-cara yang kami berikan dalam blog sistem operasi komputer ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar