--> Skip to main content

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Cara melacak ip address pengirim email – Kamu mungkin adalah orang yang seperti kami, hampir setiap hari berurusan dengan yang namanya email dan harus memanjemen email untuk melakukan suatu pekerjaan sehari-hari. Terkadang kita mendapatkan email bentuk spam promosi yang mungkin keberadaannya tidak begitu kita butuhkan, bahkan terkadang kita mendapatkan email yang mencurigakan berbentuk penipuan. Dari situlah mungkin kamu berpikir bagaimana sih cara mengetahui IP address pengirim email gmail agar kita bisa mengetahui posisinya. Jika kamu berpikiran seperti itu, maka kamu bisa melacaknya dengan tips yang kami bagikan di sini.

Cara Mengetahui IP Address Pengirim Email

Di sini kami contohkan dengan menggunakan gmail, karena kebetulan kami menggunakan gmail. Tetapi jika kamu menggunakan layaan email lain, mungkin kurang lebih caranya hampir sama. Yang perlu kamu lakukan adlaah memanfaakan Full Email Header, biasanya berada pada menu drop-down pada sudut kanan atas layanan email web pada PC.

Contohnya, di sini kami mendapatkan email promosi dan akan melakukan pelacakan dari mana pengirimnya. Langkah pertama buka Full Email Header dengan cara mengklik menu dropdown pada bagian sudut kanan atas email saat email terbuka, kemudian pilih show original atau tampilkan yang asli.

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Ada banyak informasi yang dapat kamu lihat dari Email header ini. Untuk mendapatkan IP-Address pengirim, kita perlu memeriksanya pada bagian baris “Received: from“.

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Dalam contoh ini, IP address server tersebut adalah:

Received: from mta-90-110.sparkpostmail.com (mta-90-110.sparkpostmail.com. [192.174.90.110])

Selanjuutnya kita bisa mencoba melakukan pencarian dengan cara memanfaatkan tool yang bernama Email Trace. Untuk menggunakan Email Trace ini , kamu perlu menyalin Email Header mulai dari baris Received: from hingga baris seperti yang tampak pada gambar berikut ini. Sorot, kemudian salin keseluruhan baris tersebut.

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Setelah itu paste/ tempel pada kolom kedua.

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Setelah itu klik Verify, maka akan muncul keterangan mengenai IP Address yang kita cari dan juga ada keterangan lokasinya beserta dengan petanya.

Cara Melacak IP Address Pengirim Email

Tingkat akurasi pencarian ini mungkin tidak selalu tepat, karena ada pula kemungkinan misalnya pengiriman email dilakukan dengan menggunakan VPN atau mungkin menutupi IP Addres-nya dengan menggunakan tool-tool tertentu untuk melakukan penyamaran.

Akan tetapi trik ini merupakan wawasan yang perlu untuk kamu pelajari untuk memperluas wawasan kamu tentang email.

Bagaimana sekarang sudah jelas kan trik tentang cara melacak ip address pengirim email. Semoga trik dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Cara Setting Email di Windows 10

Buka Komentar
Tutup Komentar