--> Skip to main content

Mengenal apa itu Asuransi Gadget

Banyak orang yang menganggap bahwa asuransi itu hanya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saja. Sebenarnya ada juga asuransi aset, namun asuransi aset sering dianggap remeh bahkan cenderung dianggap tidak penting. Sering kali aset itu hanya dinilai dalam bentuk rumah, kendaraan atau barang-barang berharga lainnya. Tahukah kamu bahwa gadget yang kamu miliki itu juga termasuk barang berharga, apalagi jika digunakan untuk bekerja atau aktivitas lain yang sangat penting. Sehingga, gadget juga perlu diasuransikan dengan asuransi gadget.

apa itu Asuransi Gadget

asuransi gadget merupakan asuransi yang dapat memberikan terhadap risiko yang mungkin saja terjadi pada barang elektronik berharga yang terbatas pada smartphone, tablet dan laptop. Jadi, dengan asuransi gadget ini dapat melindungi gadget kamu dari kerusakan yang tidak terduga misalnya akibat tumpahan minuman atau kopi, jatuh yang tidak disengaja, kecelakaan di jalan, bahkan pada beberapa kasus tertentu ada pula kebijakan penggantian perangkat karena dicuri atau hilang. Penggantian suku cadang juga termasuk dalam asuransi gadget, akan tetapi dalam asuransi gadget tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Tidak semua gadget bisa diasuransikan, adapun gadget yang secara umum termasuk bisa diasuransikan yaitu smartphone, tablet, laptop dan kamera. Perlu diketahui, bahwa setiap perusahaan asuransi mempunyai aturan yang tidak sama terkait kategori gadget yang bisa diasuransikan. Jadi, sebelum kamu membeli asuransi, sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada pihak asuransi tentang apa saja yang bisa dicover atau diganti. Tentunya jika jenis perlindungan yang didapatkan semakin banyak dan besar maka perimi yang akan dibayarkan juga semakin besar.

Perlindungan Yang Diberikan Asuransi Gadget

Apa sajakah perlindungan yang dapat diberikan oleh asuransi gadget? Secara umum asuransi gadget dapat memberikan beberapa perlindungan sebagai berikut:

1. Perlindungan terhadap kerusakan fisik yang tidak disengaja

Bagi kamu yang aktif, smartphone bisa menjadi lebih rentan untuk terjaduh sehingga layar bisa mengalami keretakan atau tanpa disengaja tertumpahi oleh minuman, bahkan mungkin bisa juga terjatuh ke dalam kolam. Keretakan pada layar dan terkena tumpahan air merupakan sebagian kecil dari perlindungan umum yang dapat diberikan oleh asuransi gadget. Jika ternyata ditemukan kerusakan yang menyangkut sparepartnya, maka asuransi gadget juga dapat mengganti sparepart tersebut. Tetapi, semua itu tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari asuransi gadget yang dipilih.

2. Memulihkan data

Apabila kamu mengalami musibah smartphone dicuri, maka kamu tidak perlu khawatir akan data atau privasi yang terdapat di smartphone, karena data bisa dipulihkan dengan asuransi gadget. Mulai dari foto, video hingga daftar panggilan, semuanya bisa dipulihkan dengan menggunakan asuransi gadget.

3. Penggantian dengan model yang serupa atau setara

Biasanya ada pula beberapa kondisi gadget yang mengalami kerusakan lebih dari 60% atau kerusakan pada sparepart tertentu, sehingga tidak dapat diperbaiki sama sekali. Beberapa asuransi gadget terkadang ada pula yang memberikan jaminan penggantian model yang serupa atau setara. Dengan jaminan asuransi gadget yang seperti ini tentunya lebih meringankan daripada membeli baru sendiri.

4. Garansi Perlindungan

Biasanya di beberapa asuransi gadget ada pula yang memberikan garansi dalam waktu tertentu misalnya 90 hari setelah perbaikan, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika setelah diperbaiki ternyata dalam waktu dekat missal kurang dari 90 hari mengalami kerusakan yang sama lagi.

Intinya asuransi itu untuk memberikan perlindungan terhadap apapun yang kamu anggap sebagai sesuatu yang berharga. Memang suatu pekerjaan yang telah kamu lakukan menggunakan gadget tidak dapat tergantikan, tetapi dengan mengasuransikannya tentu dapat mengurangi kekhawatiran jika terjadi sesuatu pada gadget yang kamu miliki.

Buka Komentar
Tutup Komentar