--> Skip to main content

Mengenal Kuota Internet Beserta Jenis-Jenisnya

Saat ingin mengakses internet, kuota internet menjadi aspek yang sangat penting selain menggunakan wifi. Sebuah perangkat tanpa memiliki kuota internet, maka tidak akan bisa digunakan untuk mengakses internet. Oleh karena itu, keberadaan kuota internet sangatlah penting. Kuota internet bisa diperoleh dengan cara membeli di provider internet seluler. Ada berbagai macam harga dan besarnya kuota internet yang ditawarkan, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Ngomongin tentang kuota internet, lalu apa yang dimaksud dengan kuota internet? Simak penjelasannya di sini.

Mengenal Kuota Internet Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Kuota Internet

Apa itu kuota internet? Kuota internet yaitu jatah, jumlah atau batasan penggunaan internet yang telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu. Misalkan, kamu membeli kuota internet sebesar 8 GB untuk 1 bulan. Itu berarti, kamu bisa memakai kuota internet tersebut untuk mengakses internet dengan jangka waktu selama 1 bulan sebesar 8 GB.

Ketika pemakian internet telah melampaui batas waktu 1 bulan, maka kuota internet tidak dapat dipakai untuk mengakses internet. Hal tersebut juga berlaku jika pemakaian kuota internet melebihi 8GB, maka sambungan internet akan terputus meskipun pemakaiannya belum mencapai waktu 1 bulan.

Lalu, bagaimana untuk kuota internet unlimited? Untuk kuota internet unlimited biasanya penggunaannya menggunakan sistem FUP sesuai dengan ketentuan dari provider. Misalkan, kamu membeli kuota internet unlimited yang memiliki FUP sebesar 10GB. Maka, jika penggunaan internetmu telah melebihi FUP, kecepatan internet akan mengalami penurunan. Namun, meskipun demikian kamu tetap bisa mengakses internet tersebut selama 1 bulan. Kemudian, apabila pemakaian internetmu belum mencapai FUP, namun telah melebihi waktu 1 bulan, maka kuota internet secara otomatis akan hangus dan tidak bisa digunakan. FUP merupakan kependekan dari Fair Usage Policy yaitu kebijakan yang sudah ditentukan oleh setiap provider mengenai batas pemakaian internet.

Jenis-Jenis Kuota Internet

Dalam internet, kuota adalah batasan pemakaian internet, dimana kuota internet ini ada berbagai macam jenisnya. Umumnya beberapa jenis kuota internet yang disediakan oleh pihak provider internet adalah kuota utama, kuota regular, kuota streaming, kuota malam, kuota download dan masih banyak yang lainnya. Untuk jenis-jenis kuota yang lain beserta dengan penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Kuota utama, adalah kuota internet yang dapat dipakai untuk melakukan berbagai macam aktivitas kapan saja dan untuk apa saja.
  • Kuota regular, adalah kuota internet yang dapat dipakai untuk berbagai aktivitas kapan saja dan untuk apa saja seperti halnya kuota utama.
  • Kuota streaming, adalah kuota internet yang hanya bisa dipakai untuk menonton acara atau video streaming.
  • Kuota malam, adalah kuota internet yang hanya bisa dipakai ketika waktu malam biasanya jam 00:00 sampai 06:00 atau sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dari provider internet.
  • Kota download, adalah kuota internet yang hanya dapat digunakan untuk mengunduh sebuah file yang ada di internet.
  • Kuota lokal, adalah kuota internet yang hanya bisa digunakan sesuai daerah tempat pembelian kuota internet.
  • Kuota bonus, adalah kuota tambahan yang diberikan pihak provider, biasanya kota ini bisa didapatkan dan digunakan sesuai dengan sayarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh provider.
  • Kuota unlimited, adalah kuota yang dapat dipakai tanpa batas, akan tetapi dalam penggunaan yang wajar. Walaupun kuota internet tanpa batas, akan tetapi akan mengalami penurunan kecepatan jika sudah mencapai FUP sesuai ketentuan dari provider internet.
  • Kuota 4G, adalah kuota internet yang hanya bisa digunakan pada saat berada di tempat yang ada sinyal 4G. Apabila berada di tempat yang tidak ada sinyal 4G, maka akan dikenai tarif normal.
  • Kuota 2G/3G/4G, adalah kuota internet yang dapat digunakan di jaringan 2G atau 3G atau 4G. Jadi dengan kuota internet ini, maka penggunaannya akan menyesuaikan ketersediaan sinyal yang ada di tempat.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang kuota internet dan jenis-jenisnya, semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar