--> Skip to main content

Mengenal Hosting dan Jenis-jenis Hosting

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 10, 2022

Dalam proses pembuatan sebuah website selain membutuhkan yang namanya domain, juga membutuhkan sebuah hosting. Maka dari itulah, tidak heran apabila kini telah banyak penyedia hosting yang bermunculan, salah satunya ArenHost yang hadir untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pembuatan website. Berbicara tentang hosting, lalu apa yang dimaksud hosting? Nah, bagi anda yang mungkin masih awam akan hal tersebut, berikut penjelasan tentang hosting dan juga jenis-jenis hosting.

Mengenal Hosting dan Jenis-jenis Hosting

Mengenal Tentang Hosting

Hosting adalah ruang penyimpanan untuk berbagai macam file maupun data website, sehingga nantinya website bisa diakses melalui jaringan internet oleh banyak orang. File maupun data yang tersimpan pada sebuah hosting dapat berupa teks, script, database, aplikasi, gambar, video dan yang lainnya. Tanpa adanya hosting sebagai ruang penyimpanan file maupun data website, maka sebuah website tidak akan bisa dibuat. Itulah yang menjadi alasan kenapa keberadaan hosting ini sangat penting dalam proses pembuatan website. Sehingga, bagi anda yang ingin membuat website, maka harus menyiapkan hosting dengan berlangganan hosting di tempat penyedia hosting.

Sebagai gambaran agar lebih memahami tentang apa itu Hosting, maka hosting itu dapat kita ibaratkan sebagai suatu lahan yang akan dijadikan sebagai tempat untuk membangun rumah. Apabila rumah yang akan dibangun itu rumah yang besar, maka juga memerlukan sebuah lahan yang besar. Demikian pula dengan sebuah website, apabila sebuah website yang dibuat itu performanya tinggi, maka website tersebut memerlukan hosting yang mempunyai sumber daya yang besar. Jadi hosting itu bisa kita ibaratkan sebagai lahan, website kita ibaratkan sebagai rumah dan nama domain yang menjadi url kita ibaratkan sebagai alamat dari rumah tersebut.

Jenis-Jenis Hosting

Terdapat beberapa jenis hosting dengan penggunaan yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Beberapa jenis hosting beserta penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis hosting yang penggunannya dalam satu server dibagi dengan beberapa pengguna lain sesuai dengan kebutuhan server. Itu berarti, dalam menggunakan shared hosting pengguna hosting harus berbagi server dengan pengguna yang lain, misalnya berbagi bandwith, memori dan daya komputasi dan lain lain. Shared hosting ini cocok jjika digunakan untuk keperluan situs atau blog yang sederhana dan harganya pun cukup murah.

2. VPS Hosting

VPS Hosting atau yang dikenal dengan Virtual Private Server Hosting merupakan jenis hosting dengan teknologi virtualisasi yang menyediakan sumber daya secara pribadi atau khusus di server walaupun yang menggunakannya lebih dari satu orang pengguna. Seorang pengguna yang menggunakan VPS Hosting tidak akan mempengaruhi sumber daya maupun kinerja pengguna lain. Dengan menggunakan VPS hosting, pengguna dapat mengelola dan mengatur sumber daya yang ada secara leluasa. Sehingga, hal tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi sesuai dengan kebutuhannya. VPS Hosting ini cocok apabila digunakan untuk website dengan jumlah trafik yang tinggi.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis hosting dengan menggunakan sumber daya dari beberapa server dalam satu kelompok untuk meningkatkan performa, menyeimbangkan beban load, dan memaksimalkan uptime. Sehingga, pada saat ada salah satu dari server yang mengalami gangguan teknis, mengalami maintance, atau sedang sibuk yang membuat tidak bisa diakses, maka secara otomatis trafik website dialihkan ke server yang lainnya yang masih sekelompok. Dengan begitu, sebuah website masih tetap bisa menampung pengunjung. Untuk cloud hosting ini kelebihan yang dimiikinya yaitu fully-managed, sehingga pengguna tidak dipusingkan dengan bagaimana untuk pengelolaan serta perawatan teknis.

4. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan jenis hosting yang penggunanya memperoleh satu server secara penuh sehingga dapat mengontrol secara pernuh terhadap layanan yang ada pada hosting. Misalnya mengontrol pengelolaan, penggunaan dan perawatan server. Dapat dibilang, dedicated hosting itu seperti halnya dengan menyewa satu server secara penuh beserta dengan seluruh isinya. Akan tetapi, dalam penggunaan dedicated hosting ini harus dilakukan oleh orang yang mumpuni dalam kemampuan teknis maupun pengelolaan server.

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis untuk mengenal hosting dan jenis-jenis hosting. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar