--> Skip to main content

Penyebab Murah Atau Mahalnya Biaya Solusi ERP

Saat ini kesadaran akan kebutuhan sistem yang terintegrasi dalam operasional perusaaan sangatlah tinggi. Akan tetapi banyak yang belum siap akan hal itu baik itu perusaan kecil maupu menengah. Sehingga hal tersebut akan berampak pada operasional bisnis yang dijalaninya.

Penyebab Murah Atau Mahalnya Biaya Solusi ERP

Tingginya permintaan akan sistem yang terintegrasi (ERP) ini menjadi sangat penting untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan. Biaya untuk implementasi ERP beragam ada yang murah, sedang hingga mahal. Terkait dengan biaya tersebut juga kembali pada sudut pandang masing-masing dari perusahaan yang menggunakannya.

Adapun pertimbangan biaya dalam implementasi dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya yaitu: peningkatan profibilitas perusahaan, ketersediaan anggaran tiap-tiap pos, efektivitas dan efisiensi pekerjaan dalam produktivitas. Sebelum memilih penyedia layanan ERP, perusahaan perlu mempertimbangkan 3 hal di tersebut supaya dapat mengetahui alasan dan juga tujuannya.

Apa penyebab murah atau mahalnya Biaya solusi ERP?

Berikut ini adalah penyebab murah atau mahalnya Biaya solusi ERP:

1. Tingkat Kesesuaian Bisnis

Ada banyak penyedia ERP yang menawarkan produk-produknya dari mulai yang harganya murah sampai yang mahal. Penggunaan sistem ERP dapat mengintegrasikan berbagai proses dan depertemen menjadi suatu kunci kesuksesan. Salah satu software ERP yang popular dan banyak dipakai dalam bisnis adalah softare SAP. Tentunya setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda sesuai cakupan bisnisnya. Sebagai software yang digunakan untuk membantu pengelolaan bisnis, harga software sap itu berbeda-beda sesuai dengan jenisnya yang penggunaannya disesuaikan juga dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

2. Waktu dan Kesiapan

Kesiapan dalam hal implementasi ERP ini merupakan bagian yang penting. Seperti Restrukturisasi Jabatan/ Posisi, Pola Kerja, Proses bisnis maupun kebijakan yang lain. Selain dari segi teknis juga perlu untuk memperhatikan bagaimana data yang akan dimigrasikan. Beberapa hal tersebutlah yang dapat memberikan pengaruh terhadap waktu implementasi.

3. Kustomisasi

Dukungan kustomisasi merupakan salah satu hal yang berpengaruh besar dalam biaya implementasi. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi waktu dan kesiapan. Jika perusahaan lebih memilih biaya ERP yang murah, pastikan dalam kustomisasi terkait fleksibilitas.

Setiap penyedia solusi ERP mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tiada kesempurnaan dalam solusi ERP, namun perusahaan bisa mempertimbangkan 3 hal terssebut karena dapat mempengaruhi biaya implementasi ERP.

Jadi, sebaiknya cari penyedia layanan ERP yang fleksibel dengan investasi diawal yang tidak begitu besar karena ketidaksesuaian waktu implementasi dapat dikarenakan penyesuaian bisnis. Pada hakikatnya murah atau mahalnya biaya solusi ERP itu bergantung pada dampak yang dapat diberikan pada bisnis.

Buka Komentar
Tutup Komentar