--> Skip to main content

Sejarah Singkat Software ERP (Enterprise Resource Planning)

Software ERP (Enterprise Resource Planning) mempunyai fungsi yang penting dalam mengatur jalannya bisnis, dengan mengintegrasikan seluruh aspek sistem yang ada dalam bisnis. Dari aspek produksi, industry hingga promosi. Bahkan dalam industri skala manufaktur, ERP telah dikenal secara luas sebagai software yang dapat melakukan proses secara otomasi. Secara jelasnya, software ERP banyak dipakai untuk membantu berbagai kegiatan industri dari yang skala kecil hingga besar. Namun, tahukah kamu bahwa ERP ini memiliki sejarah panjang sehingga bisa memberikan manfaat untuk bisnis seperti sekarang ini.

Sejarah Singkat Software ERP

Setelah dikembangkan lebih dari 50 tahun, ERP telah berevolusi. Ketahuilah bagaimana perkembangan ERP sejak ditemukannya pertama kali yaitu pada tahun 1960. Sebagai software yang diciptakan untuk memudahkan manajemen dalam bisnis, ERP tentu mempunyai sejarang yang panjang.

Sejarah Pengembangan ERP (Enterprise Resource Planning) di Dunia

Sistem ERP yang begitu kompleks tidak mungkin kalau itu datang secara tiba-tiba. ERP pertama kalinya diketahui ada pada tahun 1960, meskipun itu belum disebut dengan ERP tetapi konsep yang diterapkan hampir serupa.

Perkembangan Tahun 1960

Pada tahun 1960 memang software ERP belum ada, akan tetapi konsepnya telah ada dan digunakan untuk menangani berbagai masalah sederhana dalam industri. Ketika itu, software hanya dipakai untuk memonitoring inventaris, informasi saldo perusahaan, hingga melaporkan status pekerjaan. Walaupun sederhana, akan tetapi software yang digunakan telah menerapkan sistem sentralisasi komputer. Itu artinya data tersimpan dalam satu komputer sentral atau yang dikenal Big Data. Kemudian data akan dapat diakses menggunakan komputer lain, walaupun hanya dalam jaringan lokal saja.

Perkembangan Tahun 1970

Setelah satu decade, sistem yang baru dilakukan pengembangan lebih lanjut kemudian dikenal sebagai Manufacturing Resource Planning (MRP). Diketahui, sistem MRP ini telah berkembang menjadi lebih kompleks apabila dibanding dengan sistem yang ada pada tahun 1960. Sehingga sistem yang telah dikembangkan ini mampu membantu berbagai masalah manufaktur yang lebih rumit.

Perkembangan Tahun 1980

Pada tahun ini software telah dikembangkan lebih lanjut sehingga ada peningkatan versi yaitu MRP-II. Pada versi kedua ini, software sudah dapat menangani penjadwalan dalam proses produksi manufaktor.

Perkembangan Tahun 1990

Pada tahun 1990, pertama kalinya Gartner Group menyebutnya sistem ini dengan sebutan ERP (Enterprise Resource Planning). Jika sebelumnya sistem ERP menangani gudang, maka sudah dapat terintegrasi dengan masalah yang terjadi dalam kantor, misalnya prediksi finansial dan informasi sales. Tentunya perkembangan ini membuat informasi dalam ERP menjadi lebih lengkap. Beberapa dari fitur yang ada dalam ERP saat ini itu telah ada sejak ERP pada 1990 an.

Perkembangan Tahun 2000-an

Di tahun 2000-an dengan pengaruh masuknya internet, penggunaan ERP menjadi semakin luas dan menembus batas ruang dan jarak. Sistem ERP sekarang dapat digunakan oleh divisi manapun secara seamless tanpa harus saling tunggu. Orang yang berada di dalam suatu gedung dapat mengakses informasi produksi melalui software ERP tanpa harus datang ke pabrik melihat langsung.

Nah, bagi anda yang ingin memanfaatkan software ERP untuk industri bisnis anda, anda perlu tahu harga software erp. Meskipun harganya lumayan tetapi keberadaan software tersebut akan membuat produktivitas bisnis anda menjadi lebih meningkat dan kerja menjadi lebih efisien.

Buka Komentar
Tutup Komentar