--> Skip to main content

Cara Mengetahui Serial Number PC atau Laptop Melalui Windows

Cara mengetahui serial number pc – Sama seperti halnya warga negara yang mempunyai KTP dan kendaraan yang mempunyai NIK. Perangkat Laptop atau komputer juga mempunyai serial number yang menjadi nomor untik dari setiap perangkat komputer/ laptop yang diproduksi.

Dengan adanya nomor unik tersebut sebagai identifikasi perangkat, maka dapat memberikan kemudahan pada saat mencari driver yang sesuai atau pada saat melakukan service pc atau laptop di tempat service resmi.

Umumnya untuk dapat menemukan serial number ini, anda bisa melihatnya melalui bagian bawah laptop atau pada box fisik. Namun apabila kamu menemui masalah, dimana serial number yang ada pada box fisik sudah tidak bisa terlihat atau mungkin hilang atau sudah tidak terbaca lagi pada bagian bawah komputer. Maka kamu bisa mengetahuinya lewat Windows dengan melakukan berbagai cara melihat serial number pc atau laptop berikut ini.

Cara Mengetahui Serial Number Di Pc Melalui Command Prompt

  1. Silahkan kamu buka Command Prompt.
  2. Kemudian ketik lah perintah wmic csproduct get identifyingnumber atau wmic bios get serialnumber.
Cara Mengetahui Serial Number PC

Cara mengetahui serial number di PC ini bisa dilakukan hanya apabila OEM menyimpan serial number pada BIOS atau UEFI. Apabila tidak, maka hasil output yang keluar berupa tulisan To be filled by OEM.

Cara Melihat Serial Number Windows Di Pc Melalui Powershell

  1. Silahkan anda buka PowerShell.
  2. Ketilah perintah Get-WmiObject win32_bios | Format-List SerialNumber atau gwmi win32_bios | fl SerialNumber.
Cara Mengetahui Serial Number PC

Cara seperti ini bisa dilakukan hanya apabila OEM menyimpan serial number pada BIOS atau UEFI. Apabila tidak, maka hasil output yang keluar yaitu tulisan To be filled by OEM.

Cara Mengetahui Serial Number PC Melalui UEFI Atau BIOS

Anda bisa boot ke BIOS atau UEFI untuk dapat melihat serial number pada laptop atau komputer, dimana informasi tentang serial number tersebut akan tercantum pada Main atau System Information.

Cara Mengetahui Serial Number PC Melalui Microsoft Account

Apabila laptop atau komputer menggunakan Windows 10, maka anda bisa melihat secara online lewat halaman akun Microsoft. Namun hal ini hanya bekerja di perangkat OEM saja.

  1. Pertama silahkan login ke halaman device pada akun Microsoft.
  2. Selanjutnya pilih perangkat yang anda ingin ketahui serial numbernya.
  3. Cara Mengetahui Serial Number PC
  4. Setelah itu klik opsi Info & support dan anda dapat melihat informasi tentang serial number.
  5. Cara Mengetahui Serial Number PC

Demikianlah cara mengetahui serial number pc atau laptop melalui windows yang bisa kamu coba. Semoga penjelasan dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat bagi kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar